- Blog Azadia Azzahra: Cara mendeteksi kanker otak

Senin, 11 September 2017

Cara mendeteksi kanker otak

Cara mendeteksi kanker otak, jika mammogram adalah metode khusus yang di gunakan mendeteksi kanker payudara, ternyata ada banyak pilihan yang bisa di lakukan demi mendiagnosis kanker otak. Apa saja berikut di bawah ini:

Biopsi
Biopsi adalah prosedur opreasi yang digunakan untuk mengambil sampel tumor. Kebanyakan biopsi dilakukan bersamaa dengan operasi pengangkatan tumor. Namun biopsi juga bisa di lakukan tanpa operasi jika tumor tidak bisa di angkat atau kondisi pasien terlalu lemah.

Posifron emission tomgraphy (PET)
PET di lakukan untuk mendeteksi perubahan sel yang sedang berkembang. Sebelum melakukan tes, cairan glukosa radioaktif disuntikan. Tergantung pada besarnya tumor, jumlah glukosa yang di serap akan menunjukan letak dan beberapa parah kanker yang di derita.

Magenetic resonance spectroscopy (MRS)
MRS adalah metode lain yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kanker otak. Biasanya metode ini juga digunakan untuk mendiagnosis infeksi pada otak, stroke, penyakit Alzheimer, multiple sclerosis, luka akibat radiasi, dan juga tumor. MRS pada dasarnya mirip dengan MRI. Perbedaannya adalah MRS fokus pada fungsi daripada struktur otak.

Magnetic resonance imaging (MRI)
MRI bisa di bilang jenis tes pencitraan yang paling baik untuk mendeteksi kanker otak. Sebab pemeriksaan ini menggunakan gelombang radio yang lebih akurat dari padar sinar x.

Functional magnetic resonance imaging (fmRi)
FMRI digunakan untuk menentukan lokasi spesifik dari fungsi otak, Selama di periksa, pasien juga di minta untuk melakukan tugas tertentu.

Diffusion tensor imaging (DTI)
DTI adalah tes yang digunakan untuk mengukur aliran cairan dalam otak. Hasil gambar tes DTI biasanya dibandingkan untuk mengetahui perbedaan yang terjadi.

CT scan
CT scan merupakan salah satu jenis tes sinar-X namun menciptakan efek gambar 3D dari otak. Komputer menggabungkan gambar-gambar otak agar dokter bisa mengetahui adanya ketidaknormalan atau sel kanker. Pemeriksaan ini juga bisa menunjukkan adanya pembengkakan, pendarahan, dan pengerasan tulang atau jaringan.

Scan otak
Scan otak di lakukan untuk mengetahui ketidaknormalan. Sebelumnya, pewarna kontras disuntikkan ke arteri untuk membedakan mana jaringan normal dan mana sel kanker.

Angiogram
Angiogram adalah jenis tes sinar-X pada daerah kepala untuk menunjukkan pembuluh arteri dan vena pada otak. Pewarna kontras sebelumnya disuntikkan ke arteri di kepala sebelum pasien menjalani pemeriksaan.

Pemeriksaan neurlogis
Dokter akan menilai gejala pasien dengan memberikan pertanyaan seputar sejarah kesehatan keluarga. Berbagai informasi tersebut digunakan untuk mendeteksi kemungkinan risiko otak yang diderita. Pemeriksaan juga melibatkan pengecekan pada penglihatan, pendengaran, kekuatan, sensasi, keseimbangan, refleks, dan kemampuan mengingat serta berpikir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar